Jumat, 11 Juli 2014

Idzhar dalam bacaan al-quraan

A. PENGERTIAN IDZHAR Idzhar merupakan membaca dengan terang, jelas, atau mengeluarkan huruf dari makhrajnya dengan tiada bercampur gunnah (mendengung) dan tasydid. B. Dalam HUKUM BACAAN NUN SUKUN Dan TANWIN ada 5 : 1) Idzhar chalqi 2) Idghom bigunnah 3) Idghom bila gunnah 4) Iklab 5) Ikhfa Dimana di sini akan di jelaskan tentang idzhar chalqi  Idzhar Chalqi Idzhar artinya menjelaskan atau menerangkan Chalqi artinya tenggorokan Hukum bacaan di sebut idzhar chalqi adalah apabila nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf-huruf chalqi. Huruf-huruf idzhar chalqi ada 6 yaitu Hamzah ( ء ), Haa’ ( ه ) , ‘Ain ( ع ) , Chaa’( ح ), Ghoin ( غ ) , dan khoo’ ( خ ) Huruf ini di sebut huruf chalqi karena makhroj (tempat keluarnya huruf) adalah kerongkongan. Cara membaca nun sukun atau tanwin yang demikian harus terang, jelas dan pendek, bunyi suaranya tetap jelas, tidak samar dan tidak mendengung. Huruf idzhar yang 6 itu terhimpun di permulaan kata syair : خَاسِرٍ ---غَيْرُ ---حَازَهُ ---عِلمًا ---هَاكَ--- أخِي Contoh Idzhar chalqi : نْ bertemu dengan ء أَنَا اِنْ نْ bertemu dengan ء عْطٰى أَ مَنْ ه bertemu dengan نْ يَنْهَي ع bertemu dengan نْ عَلَقِي مَنْ ح bertemu dengan نْ نَ يَنْحِتُوْ غ bertemu dengan نْ غِلِ مِنْ ء bertemu dengan ً ا اَحَدْ ً كُفُو ٍ bertemu dengan ء سِدٍاِذَا حَا ٌ bertemu dengan ه هِيَ سَلامٌ ٍ bertemu dengan ع جَنَّةٍعَالِيَةِ ً bertemu dengan ح حِسَاباً ءً عَطَا ٌ bertemu dengan غ غَيْرُ اَحْرٌ ٍ beremu dengan خ َخَيْرًا ذَرَّةٍ ٍ bertemu dengan ء اوَقَبَ اِذَ غَاسِقٍ خ bertemu dengan نْ خَوْقٍ مِنْ ٌ bertemu dengan ه هِيَ سَلَامٌ ٍ bertemu dengan ه هَادٍ قَوْمٍ ٍ bertemu dengan ع عَالِيَةٍ جَنَّةٍ فِ ً bertemu dengan ء مَسَلاًأَصْحَبَ نْ bertemu dengan ء أَنْتُمْ اِنْ نْ bertemu dengan ج جُنْدٍ مِنْ نْ bertemu dengan ء أَنْفُسِهِمْ وَمِنْ ٍ bertemu dengan ع عَلَي ٍظَل ٍ bertemu dengan ع عَلِيْمٌ خَلْقٍ ٍ bertemu dengan ع بِقَدِرٍعَلَي نْ bertemu dengan خ خَلَقْنَا مَنْ نْ bertemu dengan ح حَمِيْمِ مِنْ ٌ bertemu dengan ع نُوْحٍ عَلَي سَلَمٌ نْ bertemu dengan ح تَنْحِتُوْنَ نْ bertemu dengan ع عِبَادِنَا مِنْ نْ bertemu dengan ه هُوَصَا مِنْ نْ bertemu dengan ه عَنْهُمَ نْ bertemu dengan ء إِفْكِهِمْ مِنْ ٌ bertemu dengan ء إِلَي ذَاهِبٌ ً bertemu dengan ء أَبِفْكًاءَالِهَةً نْ bertemu dengan ح مِنْحَافَمَ ً bertemu dengan ء وَعِظَمًاأَءِنَّا ٍ bertemu dengan ا بِزِيْنَةٍاَلْكَوَا نْ bertemu dengan ع أَنْعَمًا نْ bertemu dengan ء أَنْتُمْ إِنْ نْ bertemu dengan ح عَنْحَامُعْرِضِيْنَ نْ bertemu dengan ء ءَايَنِ مِنْ ً bertemu dengan ء حِيْنَ وَمَتَعًاإِلَي  Idzhar wajib Di katakan idzhar wajib apabila nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf 4 yakni Yaa, Nun, Miem,dan Wawu dalam suatu perkataan, maka hukum bacaannya tidak lagi di sebut idghom bigunnah dan tidak di suarakannya dengan mendengung, tetapi wajib di baca dengan terang dan jelas. Hukum bacaaannya di sebut idzhar wajib. Contoh idzhar wajib : دُنْيَا صِنْوَانٌ بُنْيَانٌ قِنْوَانٌ C. Dalam HUKUM BACAAN MIEM SUKUN ada 3 :  Idzhar syafawi  Ikhfa syafawi  Idghom miemi Dimana akan di jelaskan salah satunya tentang idzhar syafawi  Idzhar syafawi Syafawi asal katanya Syafatun artinya bibir. Hukum bacaan di sebut idzhar syafawi ialah apabila miem sukun berhadapan dengan salah satu huruf hijaiyah 26, selain miem dan baa. Membacanya miem di suarakan dengan terang dan jelas di bibir serta mulut tertutup, dan harus di perjelas lagi bila miem sukun bertemu dengan wawu dan faa. Contohnya yaitu : مْ bertemu ذ ذُوْرَحْمَةٍ رَبُّكُمْ مْ bertemu ز `ٰٰٰءَ زَيَّنَاالسَّمَا اَمْ مْ bertemu س سَبْعًا فَوْقَكُمْ مْ bertemu ش شَرُّاْلبَرِيَّة هُمْ مْ bertemu ص صَادِقِيْنَ كُنتُمْ اِنْ مْ bertemu ك كَانُوا اِنَّهُمْ مْ bertemu ل لَايَوْمِنُوْنَ فِمَالَهُمْ مْ bertemu ن نَجْعَلْ اَلَمْ مْ bertemu ر رِحْلةَ اِيْلَافِحِمْ مْ bertemu و وَلَاهُمْ عَلَيْحِمْ مْ bertemu ه اَمْهِلْهُمْ مْ bertemu ي يَعلَمْ مَالَمْ مْ bertemu ء اَجْرُهُمْ فَلَهُمْ مْ bertemu ت تَرَكَيْفَ اَلَمْ مْ bertemu ث اِلٰى ثُمَّ بِكُمْ كِّلَ وُ مْ bertemu ج جَنّٰتٌ لَهُمْ مْ bertemu ح حَافِظِيْنَ عَلَيْهِمْ مْ bertemu خ خَيْرُالْبَرِيَّة هُمْ مْ bertemu ض وَامْضُوْا مْ bertemu ط طَعَامٌ لَهُمْ مْ bertemu ظ السَّوْء ظَنَّ ظَنَنْتُمْ مْ bertemu ع عَلَيْحَاقُعُوْد اِذْهُمْ مْ bertemu ف فِيْهَا لَهُمْ مْ bertemu ق قَالُوْا وَاِدَارَاَوْهُمْ مْ bertemu د عَلَيْحِمْ فَدَمْدَمَ مْ bertemu غ غَوْرًا`ءُوكُمْ مَا مْ bertemu ي يَلِدْ لَمْ مْ bertemu ي يَكُنْ وَلَمْ مْ bertemu و وَلَا عَلَيْحِمْ مْ bertemu ع عَبِدُوْ اَنْتُمْ مْ bertemu د دِيْنُكُمْ لَكُمْ مْ bertemu ع صَلَ عَنْ ا هُمْ مْ bertemu س سَاهُوْنَ تِحِمْ مْ bertemu غ فَهُمْ غَفِلُوْنَ مْ bertemu ف حِرْ فَهُمْ هُمْ مْ bertemu ل لَايُوْمِنُوْنَ فَهُمْ مْ bertemu ء أَغَلًا أَعْنَقِهِمْ مْ bertemu س سَدًّ أَيُدِيْحِمْ مْ bertemu س سَدًا خَلْفِهِمْ مْ bertemu ف فَأَغْشَيْنَهُمْ فَهُمْ مْ bertemu ل لَايُبْصِرُوْنَ فَهُمْ مْ bertemu و وَكُلَّا فَهُمْ مْ bertemu ف نُعْرِفَلَا قْهُمْ مْ bertemu و يُنقَذُوْنَ وَلَاهُمْ لَهُمْ مْ bertemu ء إِلّاكَانُوْا رَبِهِمْ مْ bertemu ت تُرْحَمُوْنَ لَعَلَكُمْ مْ bertemu ل لَعَلَكُم خَلْفَكُمْ D. Dalam HUKUM BACAAN LAM TA’RIF Yang disebut Lam Ta’rif yaitu Alif dan Lam yang selalu berada di awalan kata benda (isim) sehingga perkataan tersebut menjadi Ma’rifat. Idzhar Qomariyah ;Alif dan Lam ada yang di baca terang dan jelas atau di idzharkannya karena berhadapan dengan huruf-huruf tertenu. Idzhar Syamsiyah ; Alif dan Lam yang bunyinya di hilangkan atau tidak di ucapkan melainkan di idghomkan pada huruf berikutnya.  Idzhar Qomariyah Qomariyah dari kata qomar artinya bulan. Hukum bacaan di sebut idzhar qomariyah adalah apabila Alif dan Lam bertemu dengan salah satu huruf qomariyah. Cara membacanya harus di jelaskan atau di idzharkan. Contoh idzhar qomariyah : ال bertemu dengan ء اَلْأَبْتَرْ ال bertemu dengan ب اِلْبَيِّنَةْ ال bertemu dengan غ اَلْغَاشِيَةْ ال bertemu dengan ح اَلْحُطَمَةْ ال bertemu dengan ج اَلْجَحِيْمِ ال bertemu dengan ك اَلْكُوْثَرْ ال bertemu dengan و اَلْوَسْوَاسِ ال bertemu dengan خ اَلْخَنَّاسْ ال bertemu dengan ف اَلْفِيْلِ ال bertemu dengan ع اَلْعُقَدْ ال bertemu dengan ق اَلْقَارِعَةْ ال bertemu dengan ي اَليَتِيْمِ ال bertemu dengan م اَلْمِسْكِيْنِ ال bertemu dengan ه اَلْهُدٰى ال bertemu dengan م اَلْمُصَدِّقِيْنَ ال bertemu dengan ع اَلْعَظِيْمُ ال bertemu dengan ع اَلْعَمَلُوْنَ ال bertemu dengan ب اَلْبُطُوْنَ ال bertemu dengan ف اَلْفَوْاءَانَا ال bertemu dengan أ اَلْأَوَّلِينَ ال bertemu dengan م اَلْمُنْذَرِيْنَ ال bertemu dengan م اَلْمُحْلَصِيْنَ ال bertemu dengan م اَلْمُجِيْبُوْنَ ال bertemu dengan ك اَلْكَرْبِ ال bertemu dengan ب اَلْبَاقِيْنَ ال bertemu dengan ع اَلْعَلَمِيْنَ ال bertemu dengan م اَلْمُوْمِنِيْنَ ال bertemu dengan م اَلْمَنَامِ ال bertemu dengan غ اَلْغَلِبِيْنَ ال bertemu dengan ك اَلْكِتَبَ ال bertemu dengan م اَلْمُسْتَبِيْنَ ال bertemu dengan ء اَلْأَخِرِيْنَ ال bertemu dengan م اَلْمُرْسَلِيْنَ ال bertemu dengan ء اَلْأَوَّلِيْنَ ال bertemu dengan م اَلْمَلَءِكَةَ ال bertemu dengan ب اَلْبَنَاتِعَلَي ال bertemu dengan م اَلْمَنْصُوْرُوْنَ ال bertemu dengan غ اَلْغَلِبُوْنَ ال bertemu dengan ع اِلْعِرَّةِ ال bertemu dengan ف اَلْفُلْكِ ال bertemu dengan م اَلْمَسْحُوْنَ ال bertemu dengan ج اَلْجَنَّةِ ال bertemu dengan ي اَلْيَوْمَ ال bertemu dengan م اَلْمُرْسَلُوْنَ ال bertemu dengan ء اَلْإِنْسَنُ ال bertemu dengan ع اَلْعِظَمَ ال bertemu dengan ء اَلْأَرْضِ ال bertemu dengan م اَلْمَشْرِقِ ال bertemu dengen خ اَلْخَطْفَةَ ال bertemu dengan ج اَلْجَحِيْمِ ال bertemu dengan ي مُسْتَسلِمُوْنَ اَلْيَوْمَ ال bertemu dengan ء ءِكِ اَلأَرَا` ال bertemu dengan ي أَيُّحَا اَلْيَوْمَ ال bertemu dengan م اَلْمُجْرِمُوْنَ ال bertemu dengan ي بِمَا اَلْيَوْمَ ال bertemu dengan ي نَخْتِمُ اَلْيَوْمَ ال bertemu dengan م عَلَي اَلْمُوْلُ ال bertemu dengan ك اَلْكَفِرِينَ ال bertemu dengan ء اَلْأَخْضَرِنَارًا ال bertemu dengan ء بِقَدِ اَلْأَرْضَ ال bertemu dengan ك اَلْكَوَاكِبِ ال bertemu dengan ف اَلْفَصْلِ ال bertemu dengan ع اَلْعَذَابِ Huruf Qomariyah terkumpul dalam kalimat : عَقِيْمَةْ----- وَخَفْ ----- حَجَّكَ ----- اَبْغِ DAFTAR PUSTAKA Asy’ari Ba,Abdullah.1987.Pelajaran Tajwid Qaidah Bagaimana Seharusnya Membaca , Al-qurqn Untuk Pelajaran Permulaan.Surabaya:Apollo Lestari. Zarkasyi,KH Imam.Pelajaran Tajwid Qaidah Bagaimana Mestinya Membaca Al-quran ,Untuk Pelajaran Permulaan.Gontor Ponorogo:Trimurti Press. Soenarto,Ahmad.1988.Pelajaran Tajwid Praktis dan Lengkap.Jakarta:Bintang Terang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar